Pidato - Perindustrian Musik Indonesia


Selamat siang teman-teman semua! Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi kesempatan pada saya untuk menyampaikan pidato saya.

            Musik. Tentu kita semua tahu apa itu musik dan kita semua juga senang mendengarkan musik. Musik adalah salah satu hal yang masyarakat paling sukai dan juga paling berpengaruh. Karena dengan mendengarkan musik, dapat mengubah mood kita, dapat menjadi inspirasi, atau juga dapat menyampaikan perasaan kita. Jenis musik yang kita dengarkan juga sangat berpengaruh pada seseorang yang mendengarkan. Karena jenis musik yang disukai seseorang berbeda-beda.

            Sekarang saya akan membahas tentang perindustrian musik di Indonesia. Seperti yang kita lihat, banyak jenis-jenis musik di Indonesia dan banyak juga drup band, penyanyi solo, duo, trio, dan akhir-akhir ini mucul boyband/girlband!

            Boyband dan girlband akhir-akhir ini meledak di industri musik Indonesia. Tidak hanya remaja-remaja Indonesia saja yang membentuk boyband/girlband, tetapi anak-anak berumur 6 tahun saja sudah memiliki grup seperti itu. Jujur saja, saya kurang menyukai boyband/girlband di Indonesia. Karena kita juga tau bahwa boyband dan girlband berasal dari korea yang biasanya dipanggil dengan sebutan ‘k-pop’. Nah, karena hal itu, boyband dan girlband  Indonesia dapat disebut dengan plagiat. Karena dari cara berpakaian, tarian, dan jenis musik, maupun cara pembawaan dalam bernyanyi oleh boyband/girlband Indonesia sangat mirip dengan grup di Korea.

            Nah, kita juga tahu sebelum boyband dan girlband terdapat juga band dan penyanyi solo yang lumayan tenar di Indonesia sampai menjadi ciri khas perindustrian Indonesia. Tetapi, sangat disayangkan band akhir-akhir ini sudah tidak banyak lagi di Indonesia. Menurut saya karena boyband/girlband telah mendahului. Menurut saya band jauh lebih berkualitas di Indonesia baik dari kualitas music dan lirik lagu yang dinyanyikan.

            Nah, berbicara soal lirik lagu, menurut saya lagu-lagu di Indonesia kurang membangun. Yang saya lihat banyak lagu yang liriknya bertema tentang percintaan. Anak-anak saja sudah menyanyikan lagu tentang percintaan yang menurut saya tidak sesuai dengan usia mereka. Mereka saja belum tentu tahu apa makna dari lagu tersebut. Jadi hal ini harus diperhatikan, bahwa saat ingin menulis atau menyanyikan lagu khususnya oleh anak-anak harus memerhatikan kecocokan lirik.

            Jadi kesimpulannya, kita sebagai masyarakan Indonesia mau memerhatikan masalah-masalah di perindustrian musik Indonesia. Jangan sampai kualitas musik Indonesia mengalami penurunan.

            Sekian pidato saya hari ini. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Terima kasih.